Posted: 17 August, 2011 Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

Pemanfaatan Lab Komputer - Tutorial NetOp Scholl 5.0

Saat ini lab computer telah berkembang dari hanya di gunakan sebagai tempat pelatihan computer menjadi ruang kelas bagi semua mata pelajaran. Lab computer bisa menjadi Lab bahasa, baik bahasa Indonesia maupun lab bahasa inggris. Selain itu, saat ini berkembang metode pembelajaran multimedia interaktif yang mampu membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu materi.

Saat ini guru tidak lagi di posisikan sebagai posisi sentral dalam proses pembelajaran, siswa dapat mengexplorasi pengetahuan dengan mempelajari langsung dari sumber-sumber yang lain, salah satunya dengan menggunakan

 

computer yang di isi dengan materi pembelajaran multimedia interaktif dan terhubung dengan jaringan.

Sebuah lab computer bisa juga di fungsikan sebagai self acces room, dimana fugsinya adalah sebagai pusat belajar mandiri siswa, siswa dapat mengexplor segala hal yang ada di ruang tersebut, dimana self acces room itu sendiri memili fasilitas-fasilitas antara lain seperangkat computer multimedia, materi pembelajra interaktif, multimedia pembelajaran dan semua hal yang bisa mendukung siswa untuk menambah ilmu.

Di sisi yang lain,penggunaan computer oleh siswa yang tidak diawasi/dipantau oleh guru bisa berakibat fatal. Bisa jadi computer tersebut di gunakan untuk hal-hal yang tidak semestinya,misalnya bermain game, mendengarkan music/video yang tidak semestinya, browsing website yang tidak tepat dan banyak hal lainnya. Oleh karna itu harus ada sebuah cara supaya guru bisa memonitor computer yang sedang di gunakan siswa secara langsung dan tanpa siswa merasa terganggu.

Net Op School adalah sebuah program yang khusus di ciptakan untuk membantu dalam proses pembelajaran dan pengawasan penggunaan computer oleh siswa. NetOp School saat ini sudah dalam versi 5.0. terbagi menjadi dua yang pertama adalah NetOp School Teacher, yang di gunakan oleh guru,dan NetOp School Student yang di pasangkan di computer siswa atau student. Dengan software ini guru bisa memonitor seluruh tampilan layar siswa atau melihat program apa saja yang d jalankan oleh siswa dan sebaliknya, guru bisa menampilkan apa yang ada di monitornya supaya terlihat di computer siswa.

Guru melalului NetOp Scool teacher bisa berkomunikasi secara tulisan maupun dengan video audio, selain itu guru bisa mengunci computer siswa bila siswa melakukan tindakan yang tidak berkenan. Dengan NetOp School guru juga bisa mematikan/menghidupkan computer siswa secara remote, membuat test/ujian online dengan mudah.

Sofware ini dapat di download di www.netop.com, free trial 30 hari, register dulu nanti key di kirim lewat email.

Melihat Seluruh Tampilan Monitor siswa yang terhubung dengan Guru

netop-thumnail.jpg

Melihat Activitas Siswa dalam menggunakankomputer

netop-activity.jpg

Komunikasi Interaktif menggunakan Voice dan Video, bisa menggantikan Lab Bahasa Konvensional.

audio-video-chat.gif

masih banyak lagi kegunaan Netop School 5.0, untuk lebih lengkap silahkan download tutorialnya. Tutorial NetOp School 5.0

Agenda Kegiatan

Pengunjung Online

We have 1 guest online